PEDOMAN
ADMINISTRASI
IKATAN PELAJAR
MUHAMMADIYAH
BAB I
Nama, Maksud,
dan Ruang Lingkup
Pasal 1
Nama
Tuntunan ini
bernama Pedoman Administrasi Ikatan pelajar muhammadiyah
Pasal 2
Maksud dan
Tujuan
- Pedoman Administrasi Ikatan pelajar muhammadiyah dimaksudkan untuk memberikan petunjuk demi kesamaan dan keragaman pengelolaan administrasi IPM dalam rangka menuju tertib organisasi.
- Pedoman Administrasi bertujuan untuk mengadakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi terhadap pengelolaan dan pelayanaan administrasi organisasi.
Pasal 3
Ruang Lingkup
Pedoman
Administrasi Ikatan pelajar muhammadiyah meliputi:
- Administrasi Kesekretariatan/ketatausahaan
- Administrasi Perbekalan
- Administrasi Keanggotaan
- Laporan Organisasi
- Atribut Organisasi
- Administrasi Keuangan
BAB II
ADMINISTRASI
KESEKRETARIATAN
Pasal 4
- Yang dimaksud dengan kesekretariatan dalam hal ini adalah kegiatan/aktivitas organisasi yang berkaitan dengan ketatausahaan dan surat-menyurat organisasi.
- Administrasi kesekretariatan dapat dilakukan dengan sistem sentralisasi, maupun desentralisasi.
- Sistem sentralisasi adalah apabila segala sesuatu yang menyangkut kegiatan ketatausahaan baik yang bersifat umum maupun bidang, ada pada satu tangan yakni sekretaris.
- Sistem desentralisasi yaitu sistem ketatausahaan yang dikelola oleh masing-masing bidang.
- Penggunaan sistem desentralisasi didasarkan atas pertimbangan efektivitas dan efisiensi organisasi dengan mengingat jumlah personalia yang ada.
Pasal 5
Surat Menyurat
- Kode Surat
Kode surat IPM terdiri atas kode indeks berupa
huruf dan angka yang mengkalisifikasikan surat berdasarkan jenis kepentingan
surat, tujuan atau pihak yang dituju surat, Kode Indeks Wilayah, Tingkat
pimpinan yang mengeluarkan surat, nomor urut surat dalam suatu tahun, dan tahun
surat tersebut dikeluarkan.
Contoh : A.1-IX/PW.IPM-025/2003
A
: Kode untuk klasifikasi jenis kepentingan surat.
1.
: Kode kalsifikasi pihak yang dituju oleh Surat.
IX
: Kode Indeks wilayah Institusi yang mengeluarkan surat
PW.IPM
: Tingkat pimpinan yang mengeluarkan surat
025
: Nomor urut Surat dalam tahun surat ini dikeluarkan
2003
: tahun surat tersebut dikeluarkan
Catatan
: Kode Indeks Wilayah tidak digunakan pada surat yang dikeluarkan oleh PP IPM
- Kode Indeks Surat
- Urusan Keorganisasian
Meliputi:
Permusyawaratan (sidang pleno, sidang harian, sidang
khusus, Konferensi, muktamar dan lain sebagainya), Acara/Kegiatan (seminar,
pelatihan, perlombaan, penelitian, kunjungan dan sebaginya), Laporan Aktifitas,
Perlengkapan (tuntunan organisasi, hak milik organisasi dan sebaginya), serta
hal lain yang berkaitan dengan urusan keorganisasian.
Kode indeks surat urusan keorganisasian
diklasifikasikan sebagai berikut :
- Aktivitas Organisasi
A.1. Ditujukan kepada institusi atau individu yang
dilihat dari jabatannya adalah pihak Intern IPM dan Persyarikatan
A.2. Ditujukan kepada individu dan institusi
dari pihak Ekstern (selain IPM dan Persyarikatan)
- Urusan Personalia, Pimpinan dan Penghargaan
Meliputi:
Keanggotaan (pendaftaran, mutasi, skorsing,
pemberhentian keanggotaan, alumnus dan lain sebagainya), Pengangkatan
(pengesahan anggota, pengesahan pimpinan, pemberian mandat dan lain
sebagainya), Penghargaan (Pengaktaan anggota kehormatan, piagam penghargaan dan
sebaginya) serta hal lain yang berkaitan dengan permasalahan perseorangan,
personalia, pimpinan maupun penghargaan.
Kode indeks surat urusan personalia, pimpinan dan
pengharagaan diklasifikasikan sebagai berikut :
- Urusan Personalia
B.1. Ditujukan
kepada institusi atau pihak yang dilihat dari jabatannya adalah dari pihak
Intern IPM dan Persyarikatan
B.2. Ditujukan kepada individu atau insitusi dari
pihak Ekstern (selain IPM dan Persyarikatan)
- Urusan Keuangan
Meliputi:
Keungan/Dana (sumbangan, iuran, infak
anggota/pimpinan, uang pangkal, donasi dan lain sebaginya), Utang piutang
(utang/tagihan piutang, rekening bank/giro pos, tabungan/simpanan), Kerjasama
dalam bidang keuangan dengan pihak patnership ekstern, Laporan keuangan dan hal
laian yang berkaitan dengan laporan keuangan.
Kode indeks surat urusan keuangan diklasifikasikan
sebagai berikut :
- Urusan Keuangan
C.1. Ditujukan kepada institusi atau individu yang
dilihat dari jabatannya adalah dari pihak Intern IPM dan Persyarikatan
C.2 Ditujukan kepada individu atau intsitusi dari
pihak Ektern (selain IPM dan Persyarikatan)
Catatan :
- Jika undangan ditujukan ke jabatan / posisi di internal IPM dan persyarikatan, maka digunakan kode 1
- Jika undangan ditujukan ke nama individu sebagai pribadi meskipun yang dituju adalah warga / anggota / simpatisan persyarikatan, maka digunakan kode 2.
Contoh : A.1- IX/PW.IPM-007/2003
Keterangan:
A.1
: Menunjukkan pokok surat yang berkenaan dengan Aktivitas Organisasi
untuk tujuan Intern.
IX
: Menunjukkan kode Pimpinan Wilayah (yang bersangkutan).
PW. IPM
: Menunjukkan asal surat yang dibuat oleh PW yang bersangkutan.
007
: Menunjukkan nomor urutan surat yang dikeluarkan.
2003
: Menunjukkan tahun surat dengan Tahun Masehi.
- Kode Indeks Surat berbentuk Khusus
Surat berbentuk khusus adalah surat yang memiliki
bentuk tersendiri dengan tidak ada pencantuman nomor, lampiran dan hal di
bagian kiri surat, malainkan pecantuman jenis surat di bagian tengah dan
digunakan untuk kepentingan tertentu, meliputi surat keputusan, surat
instruksi, surat mandat dan surat keterangan.
- Surat Keputusan : Mendapat penambahan dengan nomor urut surat keputusan yang dikeluarkan dalam tahun yang bersangkutan dan penambahan kode SK
(Contoh
: 005-SK/B.1-IX/PW.IPM-008/2003)
- Surat Instruksi : Mendapat penambahan dengan nomor urut surat instruksi yang dikeluarkan dalam tahun yang bersangkutan, dan penambahan Kode INS.
(Contoh : 005-INS/A.1-IX/PW.IPM-009/2003)
- Surat Mandat : Mendapat penambahan dengan nomor urut surat mandat yang dikeluarkan dalam tahun yang bersangkutan dan penambahan kode SM.
(Contoh : 005-SM/B.1-IX/PW.IPM-010/2003)
- Surat Keterangan : Mendapat penambahan dengan nomor urut surat keterangan yang dikeluarkan dalam tahun yang bersangkutan, dan penambhan kode KET.
(surat keterngan berlaku juga untuk syahadah dan
piagam penghargaan)
(Contoh : 005-KET/B.1-IX/PW.IPM-011/2003)
- Kode Indeks Wilayah
Wilayah Nangroe Aceh
Darussalam
I
Wilayah Sumatera
Utara
II
Wilayah Sumatera
Barat
III
Wilayah
Jambi
IV
Wilayah
Riau
V
Wilayah
Bengkulu
VI
Wilayah Sumatera Selatan
VII
Wilayah
Lampung
VIII
Wilayah DKI
Jakarta
IX
Wilayah Jawa Barat
X
Wilayah Jawa
Tengah
XI
Wilayah Daerah Istimewa
Yogyakarta
XII
Wilayah Jawa
Timur
XIII
Wilayah
Bali
XIV
Wilayah
NTB
XV
Wilayah
NTT
XVI
Wilayah Kalimantan
Barat
XVII
Wilayah Kalimantan Tengah
XVIII
Wilayah Kalimantan
Selatan
XIX
Wilayah Kalimantan
Timur
XX
Wilayah Sulawesi
Utara
XXI
Wilayah Sulawesi
Tengah
XXII
Wilayah Sulawesi Selatan
XIII
Wilayah
Maluku
XXIV
Wilayah Sulawesi
Tenggara
XXV
Wilayah
Papua
XXVI
Wilayah Maluku
Utara
XXVII
Wilayah
Banten
XXVIII
Wilayah Bangka
Belitung
XXIX
Wilayah
Gorontalo
XXX
Wilayah Kepulauan
Riau
XXXI
Wilayah Sulawesi
Barat
XXXII
- Bagian Surat Resmi IPM
Untuk keseragaman surat resmi IPM maka
perlu ada ketentuan mengenai bagian-bagian
surat yang meliputi :
- Kop/kepala surat
Terdiri atas; tingkat dan nama organisasi,
menggunakan bahasa Indonesia.
Penggunaan Bahasa Inggris dapat digunakan dengan tidak
menghilangkan kop surat berbahasa Indonesia.
- Pada bagian kiri sebelah atas sejajar dengan kepala surat dibuat gambar /logo IPM warna hijau
- Alamat sekretariat ditulis lengkap dengan nama jalan, nomor telepon, kota kedudukan dan kode pos. Untuk alamat sekretariat ini, dapat pula dicantumkan alamat elektronic mail (e-mail)
- Kalimat Basmallah
Ditulis di tengah-tengah surat. Kalimat Basmalah
dapat ditulis dengan huruf Arab atau menggunakan huruf latin.
- Nomor surat , Lampiran dan Hal
Ketiganya ditulis secara berurutan dari atas ke bawah
pada pinggir kiri sedikit di bawah kalimat Basmallah.
Untuk Nomor Surat :
- Setiap nomor surat berlaku untuk satu perihal (satu pokok surat) dan satu tujuan.
- Nomor yang sama hanya berlaku untuk tujuan yang bersifat kolektif, Misalnya:
Yth. PW IPM se- Indonesia
Yth. PD IPM se- Kalimantan Timur
Untuk Lampiran Surat :
- Secara umum lampiran tidak disertai kop surat.
- Lampiran tidak dicantumkan apabila dalam surat tersebut tidak ada lampiran atau tidak menyertakan lampiran
- Untuk surat keputusan pengangkatan pimpinan, nama-nama susunan pengurus dicantumkan tidak dalam lampiran, melainkan masuk menjadi bagian dari isi surat keputusan.
- Kota tempat surat dibuat disertai tanggal pembuatan surat. Tanggal pembuatan surat terbagi atas dua macam; bulan tahun Hijriah ditempatkan pada bagian atas dan tahun Miladiyah ditempatkan pada bagian bawah.
- Alamat Tujuan
Ditulis mulai dari pinggir kiri, disesuaikan
dengan panjangnya rangkaian kata tujuan surat.
- Salam Pembuka
Assalamu’alaikum Wr. Wb. dapat ditulis
dengan huruf Arab dan ditempatkan pada bagian tengah. Jika ditulis dengan huruf
latin, maka penulisan dimulai dari bagian kiri
- Isi surat, ditulis dengan mengacu pada bentuk lurus (rata kiri)
- Semboyan IPM “Nuun Walqolami Wamaa Yasthuruun” digunakan pada tiap surat IPM dan ditulis dengan huruf latin
- Salam penutup
Wassalamu’alaikum Wr. Wb. dapat ditulis
dengan huruf Arab dan ditempatkan pada bagian tengah. Jika ditulis dengan huruf
latin, maka penulisan dimulai dari bagian kiri.
- Penanggung jawab surat
Penanggung jawab surat terdiri atas; Ketua Umum/Ketua
dan Sekretaris Jenderal/Sekretaris Umum/Sekretaris. Khusus untuk urusan keuangan selain
Pemohonan dana, penaggung jawab surat adalah Ketua Umum/Ketua dan Bendahara
Umum/Wakil Bendahara.
- Nama Ketua Umum/Ketua dan Sekretaris Jenderal/Sekretaris Umum/Sekretraris atau dengan Bendahara Umum/Wakil Bendahara, ditulis di bagian bawah. Penulisan nama tersebut diikuti dengan NBA (Nomor Baku Anggota) tanpa garis bawah.
- Bila surat memerlukan tembusan, penulisan ditempatkan pada bagian bawah kiri.
- Bila surat memerlukan catatan untuk tambahan dan atau nomor personal untuk konfipmasi surat, penulisan ditempatkan pada bagian paling bawah dan halaman paling akhir surat dengan jenis huruf cetak yang dibedakan dengan isi surat. Bila penulisan menggunkan mesin tik, pembedaan huruf dilakukan dengan garis bawah.
- Kertas untuk surat resmi berwarna putih (HVS) dengan tulisan kop surat berwarna hijau satu warna dengan ukuran Folio.
- Surat-surat biasa cukup ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal/Sekretaris Umum/Sekertaris sedangkan untuk urusan keuangan ditandatangani oleh Ketua Umum atau Ketua dan Bendahara Umum/Wakil Bendahara (sesuai dengan hasil Musyawarah Pimpinan yang ditetapkan dalam mekanisme kerja Pimpinan).
- Tidak dibenarkan menggunakan titel kesarjanaan dalam pembuatan surat-surat IPM.
- Ketentuan Surat Berbentuk Khusus
- Surat berbentuk khusus adalah surat yang ditulis dengan format tersendiri dan dengan tujuan yang tertentu, serta kode indeks khusus, antara lain; Surat Keputusan, Surat Instruksi, Surat Mandat, Surat Keterangan (termasuk syahadah dan penghargaan).
- Judul Surat (Surat Keputusan, Instruksi, Surat Mandat dan Surat Keterangan/Syahadah/Penghargaan) ditulis di tengah dengan huruf cetak kapital dan bergaris bawah.
- Kode surat dan nomor dicantumkan dibawah judul surat.
- Untuk Surat Keputusan dan Instruksi, dicantumkan inti atau tema surat tersebut dengan mencantumkan kata tentang. Sekaligus menjelaskan tujuan atau pihak yang dituju dalam surat.
Contoh :
SURAT KEPUTUSAN
Nomor :
005-SK/B.1-IX/PW.IPM-008/2003
Tentang :
Pengangkatan
Pimpinan Daerah Ikatan pelajar muhammadiyah
Jakarta Pusat Periode 2002 -
2004
INSTRUKSI
Nomor :
005-INS/A.1-IX/PW.IPM-009/2003
Tentang :
Gerakan Syiar
Milad 42 IPM
PD. IPM dan
PC.IPM se- DKI Jakarta
- Tidak mencantumkan jumlah satuan lampiran dalam surat.
- Tidak mencantumkan salam pembuka dan penutup.
- Tanggal surat diletakan di bagian akhir isi surat, sebelah kanan, diatas tanda tangan pejebat berwenang di bagian kanan. Dengan mencantumkan tempat dan waktu ditetapkannya surat tersebut.
Contoh :
Ditetapkan
di
: Jakarta
Tanggal
: 12 Syawal 1423 H
Bertepatan
dengan
: 17 Desember 2002 M
- Hal lain menyesuaikan dengan bentuk surat secara umum.
- Macam-Macam Surat
- Menurut Pokok Isi/Hal
- Surat Pemberitahuan
- Surat Instruksi/Perintah
- Surat Keputusan/Ketetapan
- Surat Panggilan
- Surat Perjanjian
- Surat Keterangan/Penghargaan/Syahadah
- Surat Pengantar
- Surat Mandat/Kuasa
- Surat Peringatan/Teguran
- Surat Pesanan
- Surat Undangan
- Surat Serah Terima , dll.
- Menurut Wujudnya.
- Kartu Pos
- Surat Bersampul
- Surat Nota
- Menurut Isi/Keamanannya
- Sangat Rahasia (Vital)
Surat dengan tanda (V) ini adalah surat yang bernilai
sejarah, ilmiah atau memiliki nilai sangat penting seperti SK,
Pengangkatan, Hasil Penelitian, Perjanjian, dan sebagainya.
- Rahasia (Penting )
Surat ini biasa ditandai (P) ialah surat yang
benar-benar dapat membantu kelancaran organisasi dan sulit dicari tempat lain.
Contoh: Peraturan-peraturan, perundang-undangan,
pedoman, program kerja, naskah, dan sebagainya.
- Biasa
Surat ini diberi kode (B); merupakan surat
yang memiliki kegunaan bersifat sementara dan hanya kadang- kadang
dibutuhkan. Biasa disimpan antara 2-3 saja.
Contoh: permohonan ceramah, undangan, dan surat
lainnya.
- Bahasa surat resmi
Bahasa surat IPM harus menggunakan bahasa yang
sederhana, obyektif, dan mudah diterima/dipahami. Sedapat mungkin istilah
asing digunakan jika diperlukan. Untuk tujuan luar negeri digunakan bahasa
internasional (bahasa Inggris)
- Mekanisme Proses Jalannya Surat
- Surat Keluar
- Pembuatan Konsep
- Pengetikan
- Pemeriksaan/Penelitian
- Penandatanganan
- Pembubuhan Cap/Stempel Organisasi
- Pelipatan Surat (jika diperlukan)
- Penulisan dalam agenda surat keluar
- Penulisan dalam buku ekspedisi/Lembar Tanda Terima Surat dari Individu atau Institusi yang dituju.
- Pemasukan dalam amplop
- Penempelan dalam prangko (jika lewat pos)
- Penyimpanan Arsip
- Pengiriman surat dengan cara:
- diantar sendiri,
- dengan kurir/utusan,
- lewat pos/jasa pengiriman lainnya.
- Surat masuk
- Surat masuk diterima bagian penerimaan surat masuk
- Masuk pada staf sekretaris
- Penelitian dan pembacaan surat
- Pemberian nomor agenda surat
- Pemberian disposisi (tindakan singkat tentang tindak lanjut surat)
- Diajukan dan dibicarakan dalam rapat (terutama surat-surat penting) yang tidak mungkin diambil kebijaksanaan oleh staff sekretaris.
- Pembubuhan disposisi berdasarkan keputusan rapat
- Pemrosesan surat
- Pengarsipan surat
- Surat Melaui Internet (Electronic Mail/ E- Mail)
Untuk efesiensi waktu, surat yang bersifat informasi
atau undangan dapat disampaikan melalui Internet atau e-mail, akan tetapi surat
yang asli harus tetap disampaikan.
BAB III
ADMINISTRASI
PERBEKALAN
Pasal 6
- Administrasi Perbekalan
Administrasi perbekalan adalah kegiatan atau
aktifitas organisasi yang menyangkut bidang pengadaan barang-barang
organisasi/kantor, pemeliharaan, dan pengelolaan termasuk kearsipan.
- Alat-alat Perkantoran
Untuk melakukan aktivitas-aktivitas kantor diperlukan
alat-alat perkantoran, antara lain;
- pc (personal computer), scanner, modem, camera teleconfrence
- mesin tulis dan stensil
- pesawat telepon dan buku telepon
- lemari dan rak buku
- meja dan kursi
- jam dinding, kalender, dan peta
- stempel dan bantalannya (jika diperlukan)
- papan pengumuman / white board, penghapus, spidol, dan tinta
- penggaris
- pisau, cutter dan gunting
- mesin hitung/kalkulator
- pembuka kawat steples, pelubang kertas, paper clips
- map arsip
- kertas, karbon, dsb.
- lem kertas
- buku-buku pedoman
- stempel organisasi yang terdiri :
- stempel organisasi
- stempel cetakan
- stempel alamat
- stempel perangko berlangganan
- stempel agenda
- stempel tanggal
- stempel tembusan
- stempel paraf pimpinan (bila perlu)
- Ukuran stampel :
Untuk keperluan tertentu selain surat dapat digunakan
stempel dengan ukuran yang disesuaikan. (contoh; stempel untuk
kuitansi dan atau KTA)
- Tata kearsipan
- Tata Kerasipan
Pemeliharaan arsip merupakan kegiatan yang amat
penting dalam kegiatan sekretariat. Oleh karena itu harus dilakukan dengan
baik, sehingga organisasi memiliki dokumen bersejarah dari generasi ke
generasi.
Tata kearsipan dapat digunakan dengan system :
- Berdasarkan Jenis Surat
Surat masuk dan keluar disimpan secara terpisah dengan
dasar sesuai nomor urut, nomor dikeluarkan atau nomor masuk pada surat yang
diterima.
Penyimpanan (pengarsipan) dilakukan dengan nomor urut
agenda.
- Berdasarkan Asal Surat
Surat-surat yang masuk disimpan berdasarkan asal surat yang
diterima menurut klasifikasi lembaga yang mengirimkan. Misalnya dengan
klasifikasi sebagai berikut :
- Intern IPM (Wilayah, Daerah, Cabang, Ranting)
- Intern Persyarikatan (Muhammadiyah, Majelis, Ortom lain, Lembaga Amal Usaha)
- Pemerintah dan Militer
- Ormas/OKP, Parpol
- dsb.
- Berdasarkan Pokok isi/hal
Surat-surat disimpan menurut isi pokok surat, dengan
diklasifikasikan terlebih dahulu berdasarkan isi surat tersebut, sebagaimana
ada pada jenis/macam-macam surat.
- Peminjaman Arsip
Surat yang telah disimpan dan kemudian diperlukan lagi
untuk dipinjam, hendaknya dilakukan dengan melalui prosedur sebagai berikut:
- Mengajukan permohonan peminjaman.
- Memperoleh persetujuan dari bagian arsip.
- Pemberian batas waktu peminjaman arsip.
- Pengembalian surat (arsip).
- Penyusutan Arsip
- Penyusutan Arsip
Untuk menghemat ruangan tempat penyimpanan arsip maka
perlu ada penyusutan surat yang sudah tidak diperlukan lagi. Penyusutan
dimaksudkan untuk mengurangi pemakaian ruang arsip.
- Obyek Penyusutan
Penyusutan dilakukan terhadap:
- Arsip/warkat yang telah berusia 2 sampai 3 tahun lebih.
- Warkat yang sudah tidak berguna atau digunakan lagi (non aktif).
- Cara Penyusutan
Penyusutan dilakukan dengan cara:
- Penjilidan
- Memusnahkan arsip (dibakar) bila tidak digunakan lagi.
- Catatan : Arsip - Arsip organisasi Tidak Boleh dijual
- Buku-buku Organisasi
- Buku Tamu
Adalah buku yang diperuntukkan bagi setiap tamu yang
datang.
Kolom-kolom yang terdiri dari:
- Hari/tanggal
- Waktu
- Nama tamu
- Alamat asal (rumah/kantor/instansi)
- Tujuan kedatangan
- Paraf tamu
- Keterangan lain (jika perlu)
- Buku Agenda Surat
Adalah buku untuk mencatat surat-surat masuk dan
keluar. Bentuk dan formatnya berbentuk kolom - kolom yang terdiri dari :
- Nomor (berdasar urutan dalam buku)
- Nomor Agenda
- Tanggal
- Asal Surat (Untuk Surat Masuk)/Tujuan Surat (Untuk Surat Keluar)
- Nomor Surat
- Tanggal Surat
- Hal/Pokok Isi Surat
- Buku Sidang
Adalah buku yang digunakan oleh Pimpinan sidang ketika
sidang berlangsung, untuk mencatat hal-hal yang dirasa penting/perlu dicatat
oleh Pimpinan sidang.
- Buku Notulen Sidang
Adalah buku yang digunakan untuk mencatat hasil-hasil
rapat/sidang. Kolom yang diperlukan antara lain:
- Nomor urut
- Pokok masalah yang dibicarakan
- Pembahasan secara urut
- Kesimpulan
- Catatan/keterangan
- Buku Presensi Rapat
Adalah buku khusus yang memuat daftar hadir Pimpinan
dalam setiap rapat/sidang. Sebelum kolom-kolom hendaknya dibuat/ditulis sbb:
Rapat
ke
:
Acara
pokok
:
Hari/tanggal
:
Kemudian dibuat kolom-kolom yang terdiri dari:
- Nomor urut,
- Nama Pimpinan (ditulis sebelum rapat dimulai),
- Data yang dianggap perlu (jabatan, alamat, no telepon dsb)
- Paraf
- Buku Presensi Harian/Piket
Adalah buku daftar hadir harian Pimpinan. Buku ini
diisi setiap Pimpinan datang ke kantor baik dalam rangka piket maupun untuk
melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kantor.
Kolom yang perlu untuk buku presensi harian :
- Kolom nomor urut
- Nama personil Pimpinan
- Kolom tanggal yang dibuat dari tanggal 1 s.d 31
- Kolom jumlah hadir pada tiap bulannya
- Keterangan
- Buku Ekspedisi
Adalah buku yang digunakan untuk mencatat pengiriman
surat. Buku ini sekaligus merupakan bukti bahwa surat sudah dikirim atau sudah
diterima oleh yang bersangkutan.
Buku ekspedisi memuat kolom-kolom :
- Nomor urut dalam buku
- Tujuan
- Nomor Surat
- Tanggal Surat
- Pokok Isi/Hal
- Jumlah lampiran
- Kontak Person
- Tanggal Konfipmasi
- Nama personal penerima surat
- Paraf personal penerima surat
Catatan: Buku ekspedisi dapat diganti dengan lembar
tanda terima surat dengan format yang disesuaikan
- Buku Inventaris
Adalah buku yang digunakan untuk mencatat
barang-barang yang menjadi milik organisasi/inventaris.
- Buku Data Base
Adalah buku yang memuat data yang diperlukan
organisasi seperti;
- Data pribadi personal pimpinan
- Data Wilayah/Daerah/Cabang/Ranting
- Data jumlah anggota masing-masing
- Data potensi Wilayah/Daerah/Cabang/Ranting
- Lain-lain yang diperlukan
- Buku Catatan Kegiatan
Merupakan buku yang digunakan untuk mencatat
kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Dibuat setidaknya satu bulan satu kali.
Memuat kolom sebagai berikut :
- Nomor urut
- Tanggal/hari kegiatan
- Kegiatan/nama kegiatan
- Volume kegiatan (jumlah peserta, pihak yang terlibat dsb)
- Biaya kegiatan
- Lokasi kegiatan
- Keterangan
- Buku Konsep
Adalah buku yang digunakan untuk membuat konsep-konsep
surat yang akan dikirim.
- Buku Piket
Buku yang digunakan untuk mencatat tugas-tugas piket. Terdiri dari
kolom-kolom:
- Nomor urut
- Hari/tanggal/jam
- Nama personal yang datang
- Tugas-tugas yang dilakukan
- Tugas-tugas yang belum dilakukan
- Pesan-pesan
- Paraf
- Buku Feed Back
Adalah buku yang digunakan untuk mencatat bukti
pengembalian barang-barang yang dikirim.
BAB IV
ADMINISTRASI
KEANGGOTAAN
Pasal 7
Administrasi keanggotaan adalah administrasi yang
menyangkut segala aspek keanggotaan IPM. Termasuk dalam hal ini adalah
pendataan anggota, herregistrasi dan pemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA).
Pasal 8
Kartu Tanda
Anggota
- Pembuatan/Pengeluaran KTA
- Kartu Tanda Anggota, baik anggota biasa maupun pimpinan dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat
- Kartu Tanda Anggota didistribusikan melaui Pimpinan Daerah yang bersangkutan. Bila suatu daerah belum terdapat Pimpinan Daerah, maka hal itu diselenggarakan oleh Pimpinan diatasnya.
- Khusus untuk Pimpinan Pusat, Wilayah dan Daerah Kartu Tanda Anggota didistribusikan melaui pimpinan yang bersangkutan.
- Prosedur Permohonan KTA IPM
Prosedur pemilikan/permohonan KTA diatur sebagai
berikut :
- Mengajukan permohonan kepada Pimpinan Pusat IPM atau Pimpinan Daerah IPM dilengkapi:
- Blangko permohonan KTA
- Pas foto berwarna menghadap ke muka (putri wajib berjilbab) dengan ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.
- Biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Surat Pengantar dari Pimpinan Daerah IPM. (untuk anggota biasa)
- Permohonan KTA dapat dilakukan dengan cara:
- Bagi Anggota biasa, dikolektifkan oleh Pimpinan Daerah yang bersangkutan. Bila suatu daerah belum terdapat Pimpinan Daerah, maka hal tersebut diselenggarakan oleh pimpinan diatasnya.
- Bagi Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah dapat mengajukan secara pribadi dengan surat pengantar dari tingkat pimpinan yang bersangkutan atau dapat juga melaui kolektif.
- Penyediaan Blangko Registrasi Anggota
- Bagi anggota biasa, dibuat dan disediakan oleh Pimpinan Daerah yang bersangkutan berdasarkan edaran yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat menurut kebutuhan data base yang diperlukan. Bila suatu daerah belum terdapat Pimpinan Daerah, maka hal tersebut diselenggarakan oleh pimpinan diatasnya.
- Bagi pimpinan, balngko dibuat oleh tingkat pimpinan yang bersangkutan berdasarkan edaran yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat menurut kebutuhan data base yang diperlukan.
- Buku Keanggotaan Sementara/Harian
Buku anggota sementara/ harian
digunakan sebagai pencatat anggota yang bersifat sementara
sebelum diproses lebih lanjut dalam buku induk tetap kolom yang
diperlukan antara lain:
- Nomor urut
- Nama
- Asal Daerah (PD. IPM yang bersangkutan)
- Kolom chek list pengajuan kartu baru
- Kolom chek list pembaharuan kartu
- Tempat/Tanggal lahir
- Pendidikan
- Alamat
- Keterangan
- Buku Induk Anggota Tetap
Buku induk tetap merupakan buku yang berisi data
seseorang yang sudah menjadi anggota tetap. Kolom buku tersebut antara lain :
- Nomor Urut
- Nomor Baku Anggota
- Nama
- Asal daerah (PD. IPM yang bersangkutan)
- Tempat Tanggal lahir
- Pendidikan
- Alamat
- Keterangan
- Kartu Tanda Anggota
Kartu Tanda Anggota Adalah tanda
bukti bahwa seseorang secara resmi telah menjadi anggota IPM.
- Arsip Data Anggota
Berkas data permohonan menjadi anggota IPM perlu dipelihara agar
tetap baik dan dapat dijadikan dokumen bersejarah bagi organisasi, cara
penyimpanan dapat dilakukan dengan menjilid berkas - berkas tersebut agar
tidak mudah rusak.
- Buku Mutasi Anggota
Buku mutasi digunakan khusus untuk mencatat anggota
yang pindah dari satu daerah ke daerah yang lain diluar wilayah
kepemimpinannya. Kolom Yang diperlukan antar lain:
- Nomor urut
- Nama
- Tempat Tanggal lahir
- Jabatan terakhir (sebelum mutasi)
- Masa jabatan/keanggotaan (sebelum mutasi)
- Kota tujuan mutasi
- Alamat dan kontak person setelah mutasi
- Keterangan
- Stempel KTA
Untuk stempel KTA diperlukan stempel kecil
khusus untuk KTA. Stempel dibubuhkan pada sisi depan dan diusahakan menyentuh
foto pemilik KTA. Kartu Tanda Anggota ditandatangani oleh ketua dan sekretaris.
- Tambahan
Bila terjadi pemberhentian atau skorsing
anggota IPM, maka yang bersangkutan diberi
keterangan (nomor surat keputusan)
Pasal 9
Mutasi Pimpinan
/ Anggota
- Mutasi Pimpinan/Anggota
Mutasi pimpinan/anggota adalah perubahan status
pimpinan/anggota baik status domisili maupun status jabatan fungsional
- Macam - Macam Bentuk Mutasi
- Mutasi Domisili: perubahan status domisili pimpinan/anggota dari suatu tempat ke tempat yang lain.
- Mutasi jabatan: perubahan status jabatan fungsional pada tingkatan pimpinan.
- Prosedur Mutasi
- Mutasi Domisili
- Yang bersangkutan memohon surat keterangan mutasi dari Pimpinan Ranting/Cabang/ Daerah atau Wilayah asal mutasi
- Pimpinan Ranting/Cabang/Daerah atau wilayah asal mutasi memberikan surat keterangan mutasi kepada yang bersangkutan dengan tembusan kepada Pimpinan IPM tujuan mutasi dan diatasnya.
- Selanjutnya yang besangkutan melaporkan diri kepada pimpinan IPM tujuan mutasi.
- Mutasi Jabatan
Pimpinan yang bersangkutan melaporkan adanya mutasi
jabatan ditingkatnya kepada Pimpinan diatasnya.
BAB V
LAPORAN
ORGANISASI
Pasal 10
Laporan
Organisasi
- Masing-masing tingkat pimpinan wajib melaporkan kegiatan yang dilaksanakan kepada pimpinan di atasnya secara berkala.
- Masing-masing bidang wajib melaporkan kegiatan bidang dalam sidang organisasi.
- Setiap personal yang melakukan kegiatan yang menyangkut organisasi atau tidak, wajib melaporkan kegiatannya pada sidang organisasi.
- Masing - masing tingkat kepemimpian membuat laporan pertanggungjawaban untuk disampaikan dalam forum permusyawaratan tertinggi di tiap tingaktan. Laporan tersebut setidaknya terdiri atas;
- Pendahuluan
- Kondisi Obyektif
- Keputusan Permusyawaratan Terdahulu
- Konsep Dasar Program
- Pelaksanaan Program
- Problematika yang Dihadapi
- Saran
- Penutup
BAB VI
ATRIBUT
ORGANISASI
Pasal 11
Atribut organisasi IPM merupakan tanda/ciri khusus
yang digunakan IPM dan berlaku bagi seluruh tingkat Pimpinan sesuai dengan
petunjuk dan aturan yang berlaku.
Pasal 12
Atribut Ikatan
Remaja Muhammaiyah
- Lambang organisasi Ikatan Remaja Muhammadiyah
- Stempel/cap organisasi
- Papan nama organisasi
- Kartu tanda anggota
- Bendera
- Emblim/lencana
- Jaket/jas
- Batik Nasional dan Batik Daerah
Pasal 13
Lambang
Lambang organisasi Ikatan pelajar
muhammadiyah memiliki ciri;
- Bentuk : segi lima perisai, runcing dibawah merupakan deformasi bentuk pena.
- Ukuran : satu berbanding dua
- Warna : kuning berarti keagungan dan ketuhanan; putih berarti kesucian, merah berarti keberanian
- Isi : ada lima jalur penurun. Tiga besar dan dua jalur kecil, jalur tengah, runcing di bawah berwarna kuning; lebar seperempat lebar perisai lambang dan diapit dua jalur kecil berwarna merah dengan lebar seperduapuluh (1/20) lebar perisai, dan dua jalur besar berwarna merah dengan lebar ¼ lebar perisai.
Gambar matahari bersinar ( berjumlah 12
sinar ) yang terletak ditengah (sedikit agak keatas) perisai, merupakan lambang
Muhammadiyah. Gambar matahari yang berwarna kuning yang menunjukan
bahwa IPM adalah keluarga Muhammadiyah. Di tengah bulatan matahari terdapat
gambar buku berarti pengetahuan. Atau bisa juga berarti Al-Qur’an yang suci
(putih). Warna hijau menunjukan agar ilmu yang didapatkan dapat mempertebal
iman. Di bawah bulatan matahari terdapat tulisan ayat Al-quran,
surat Al Qalam ayat 1 yang berbunyi “nuun walqalami wamaa yasthuruun”
(dalam tulisan arab). Artinya: Demi pena apa yang dituliskannya.
Tulisan Al-Quran tersebut ditulis dengan menggunakan
huruf Arab, warna hitam dan merupakan semboyan IPM. Huruf IPM berwarna merah
dengan kontur hitam. Merah berarti berani serta aktif menyampaikan dakwah Islam karena
IPM mengemban tugas sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal
usaha Muhammadiyah.
Pasal 14
Stempel/Cap
Stempel /Cap IPM mempunyai ciri - ciri sebagai berikut
:
- Bentuk : oval, tegak lurus vertikal
- Tinta : berwarna biru
- Ukuran : garis tengah, tinggi ( panjang) 4,7 cm dan lebar 3,2 cm
- Tulisan : di tengah - tengah lingkaran dalam tertera lambang IPM dan diatasnya terdapat kode wilayah bersangkutan. Lingkaran luar bagian atas tertulis “Ikatan pelajar muhammadiyah”. Lingkaran luar bagian bawah tertulis tingkatan organisasi bersangkutan; misalnya, Cabang Duren Sawit. Antara tulisan bagian atas ( IPM ) dengan tulisan bawah (tingkat organisasi) dipisahkan dengan tanda * (bintang/asterik )
Pasal 15
Papan Nama
- Bentuk; empat persegi panjang, dengan perbandingan 4:3
- Ukuran maksimum;
- Tingkat Pusat/Nasional : 200 cm : 150 cm
- Tingkat Wilayah/Propinsi : 180 cm : 135 cm
- Tingkat Daerah/Kota/Kabupaten : 160 cm : 120 cm
- Tingkat Cabang/Kacamatan : 140 cm : 105 cm
- Tingkat Ranting/Kelompok : 120 cm : 90 cm
- Isi;
- Lambang organisasi
- Nama organisasi disertai tingkat dan ruang lingkup
- Alamat lengkap organisasi
- Warna; Warna dasar kuning telur, tulisan berwarna merah.
Pasal 16
Kartu Tanda
Anggota
- Bentuk : empat persegi panjang
- Ukuran : panjang 8.5 cm dan lebar 5.5 cm
- Warna : dasar kuning muda, dengan tulisan warna hitam
- Isi
- Muka Depan :
- Di pojok kiri atas; lambang IPM
- Sebelah atas; tertera maksud dan tujuan IPM
- Di sebelah bawah kanan ditempel pas foto ukuran 2 x 3 cm
- Di sebelah bawah kiri mencantumkan masa berlaku.
- Belakang
- Data pribadi anggota bersangkutan: nomor baku anggota, nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan dan alamat.
- Di bawah bagian tengah mencantumkan Pimpinan Pusat Ikatan pelajar muhammadiyah, Ketua Umum dan Sekretris Jenderal.
- Di kedua muka (depan dan belakang) KTA; ada tulisan Ikatan pelajar muhammadiyah secara transparan (bayang-bayang).
Pasal 17
Bendera
- Bentuk : empat persegi panjang
- Ukuran : 120 cm x 90 cm, Lambang : 25 cm x 40 cm
- Warna : warna dasar kuning, tulisan merah dan lambang sesuai dengan ketentuan.
- Jarak tulisan : dari tepi kanan dan kiri : 10 cm
dari tepi atas bawah
: 5 cm
dari lambang
: 5 cm
- Isi
- Lambang yang terletak di tengah-tengah
- Tulisan “IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH” Di atas lambang
Pasal 18
Emblim
(Lencana) dan Bagde
- Emblim (lencana) adalah lambang Ikatan pelajar muhammadiyah dengan bentuk yang telah disahkan. Adapun ukuran lencana tersebut: garis tengah; tinggi 3,5 cm, lebar 2,5 cm dan dibuat dari besi/logam
- Bentuk Emblim, di tengah-tengahnya lambang IPM, dilingkari tulisan Ikatan pelajar muhammadiyah, atau keluarga besar Ikatan pelajar muhammadiyah dan pinggirnya diberi garis berwarna hitam.
- Bagde adalah lambang Ikatan pelajar muhammadiyah yang berbentuk empat persegi panjang dan terbuat dari kain. Ukuran kain; tinggi 12 cm dan lebar 8 cm dengan warna dasar kuning. Di tengah-tengah tertera gambar lambang IPM dengan ukuran tinggi 10 cm dan lbar 5,5 cm. Warna lambang sesuai dengan petunjuk.
Pasal 19
Jas IPM
- Pengertian : adalah jas khas IPM yang berlaku bagi seluruh anggota dan pimpinan IPM.
- Warna jas : kuning (seperti warna kuning pada bendera IPM)
- Model : berbentuk jas dengan
- Kerah : terbuka
- Bagian bawah : setengah lingkaran
- Bentuk saku : luar tanpa tutup di bawah, kanan kiri.
- Bentuk belakang : tengah terbelah bawah.
- Jenis kain : bahan celana
- Bentuk Bagde : bentuk lingkaran dengan bordir
- Setelan bawah : celana warna coklat tua
- Pemakaian : pada waktu acara resmi.
Pasal 20
Batik Nasional
dan Batik Daerah
- Pimpinan Pusat mengeluarkan batik untuk Ipmawan dan Ipmawati yang berlaku secara nasional dengan bentuk, corak, motif dan warna yang ditentukan oleh Pimpinan Pusat.
- Pimpinan Wilayah dapat mengeluarkan batik khas daerah yang berlaku untuk wilayahnya dengan bentuk, corak, motif dan warna yang ditentukan oleh Pimpinan Wilayah yang bersangkutan dan dapat menjadi identitas wilayahnya masing – masing.
- Batik Nasional dan Batik Daerah dapat dipakai pada acara – acara aktifitas atau kegiatan IPM baik formal maupun semi formal dan atau menghadiri undangan – undangan dari organisasi lain seperti diskusi, perjamuan dsb.
BAB VII
ADMINISTRASI
KEUANGAN
Pedoman tentang administrasi keuangan dibuat dan
disusun secara khusus dan tersendiri dalam Pedoman Adminsitrasi keuangan yang
dibuat oleh Pimpinan Pusat Ikatan pelajar muhammadiyah
BAB VIII
PENUTUP
- Hal lain yang belum diatur dalam pedoman ini akan ditentukan kemudian oleh Pimpinan Pusat.
- Pedoman ini berlaku setelah ditanfidzkan oleh Pimpinan Pusat Ikatan pelajar muhammadiyah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar